SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Minggu, 20 05 2018 Mei 2018 >

Diterbitkan :
Kategori : Biografi Ulama
Komentar : 4 komentar

Siapa yang tidak mengenal sosok ulama kharismatik maha guru ulama nusantara, dialah Mbah Kholil Bangkalan. Namanya begitu masyhur di seantero Nusantara, namun wajah beliau yang asli masih banyak yang belum tahu.

Sebab foto yang banyak beredar di internet selama ini masih dipertanyakan keasliannya. Sampai akhirnya ditemukanlah foto asli Mbah Kholil di Den Haag, Belanda.

Di lansir dari Times Indonesia, KH. Zubair Muntashor, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Kholil Bangkalan Madura, yang juga adalah cicit dari Syaikh Kholil, berkata “Jadi harus diluruskan bahwa foto itu bukan Kiai Kholil. Tapi foto orang lain, namanya Din Kammuk (Raden Kammuk),” .

“Kekeliruan foto terjadi karena Raden Kammuk memiliki nama lahir yang sama dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yakni Holil bin Zainal Alim,” jelasnya.

KH Zubair Muntashor menuturkan Raden Kammuk semasa hidupnya merupakan Khotib Khutbah Jumat di Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Rumahnya, di Jalan Jokotole II RT 12 Kelurahan Demangan.

Menurut beliau, saat awal foto itu beredar, keluarga ‘bani Kholil’ tidak bisa mengklarifikasi ihwal foto itu karena tak satu pun keluarga yang memiliki foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.

Ketika fotonya diupload ke internet, banyak kalangan yang menganggap sosok Raden Kammuk adalah Syaichona KH Mohammad Kholil. Karena pada keterangan caption, orang dalam foto tersebut hanya disebutkan KH Kholil Bangkalan.

“Hanya menurut sejumlah cerita, salah satu cicitnya yaitu KH Mohammad Kholil AG, pendiri Pondok Pesantren Ibnu Kholil, wajahnya sangat mirip dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yaitu wajah ke arab-araban dengan hidung mancung,” tuturnya.

Ditemukannya Foto Asli Beliau

Akhirnya sekitar dua bulan lalu, tutur Kiai Zubair, ada seorang warga Bangkalan yang bekerja di kapal pesiar, sempat berkunjung ke musium di Den Haag, Belanda. Dia kemudian memotret beberapa foto tentang Bangkalan yang ada di musium tersebut. Salah satunya, foto Adi Pati Bangkalan bersama sejumlah tokoh di depan Pendopo.

Dalam foto itulah, terdapat sosok bersurban dengan jenggot putih, tepat duduk di samping kanan Adi Pati Bangkalan. Sosok itulah yang kemudian diyakini sebagai Syaichona KH Mohammad Kholil.

Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan

Keyakinan makin kuat karena sosok foto di samping kiri Adi Pati dikenali sebagai KH Ghazali Dulkariman atau yang masyhur dengan panggilan Kiai Kalah. Ia kiai yang hidup se zaman dengan Syaichona KH Mohammad Kholil.

“Kami yakin 95 persen foto itu Syaichona KH Mohammad Kholil. Sebab, ada yang bilang foto itu mirip dengan sosok Habib Muhdor asal Bondowoso. Memang mirip sekali. Tapi buat apa habib ada di foto itu. Makanya kami yakin itu foto Syaichona karena Kiai Kalah juga ada di foto itu,” terang Kiai Zubair.

Demi meluruskan kesalahpahaman ihwal foto Syaichona KH Mohammad Kholil di internet, selain lewat berita, Kiai Zubair juga membuat membuat video klip lagu nasyid. Lagunya berisi bantahan bahwa foto yang beredar di internet bukan foto Syaichona KH Mohammad Kholil.

“Kalau ada orang yang masih bersikukuh mengatakan foto di internet itu Syaichona KH Mohammad Kholil, silahkan bawa kesini biar saya jelaskan,” tandasnya.(*)

Dengan demikian semoga simpang siur tentang foto Mbah kholil sudah menjadi terang, dengan klarifikasi dari pihak keluarga ini.

 

 

SebelumnyaLirik dan Video Ayo Mondok - Versi Despacito [Parodi] SesudahnyaSantri Kenapa Harus Ngopi? 
Banser Haram Jaga Gereja : BM PP MUS Sarang
.:: HASIL KEPUTUSAN MUSYAWAROH KUBRO KE-51 PP. MUS TENTANG BANSER JAGA Kita mungkin sudah sering mendengar kabar, atau bahkan pernah melihat adanya banser menjaga sejumlah gereja di tanah air. Salah...
200 Nama-nama Dai Penceramah Muballigh yang diakui Kementerian Agama RI
Kementerian Agama (Kemenag) merilis nama-nama penceramah yang telah dinyatakan layak menyampaikan materi keagamaan kepada publik. Dalam tahap awal ini sudah ada 200 nama yang diunggah di website resme Kemenag. Menteri...
Muhasabah: Sajak Rindu Untuk Sang Penciptaku
MUHASABAH: SAJAK RINDU UNTUK SANG PENCIPTAKU   (Muhasabah untuk kita, yang pernah dekat dengan Tuhan…namun sekarang jauh, karna kesibukan dan urusan duniawi)   Pernah terbesit rasa hati ini ingin melangkah...
Kajian Lengkap Nisfu Sya’ban
*NISYFU SYA’BAN* _By: Mohammad Bahauddin_ Seperti yang telah kita ketahui bulan sya’ban terdapat banyak sekali cabang kebaikan yang diambil dari arti namanya dari kata asysya’b, maka sangat disayangkan jika kita...
Kitab Al Mauhabah Al Ladunniyyah Syarakh Ar Rohabiyah – Ilmu Waris
Sahabat Ali Bin Abi Thalib berkata: “Ilmu Waris adalah ilmu yang hilang pertama kali di dunia ini.” Permasalahan warisan adalah hal yang sering kali membuat putus tali persaudaraan. Rebutan warisan,...
10 Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti – nanti. bagi orang – orang mukmin, kepergian bulan Ramadhan jauh lebih disesalkan daripada kepulangan seorang tamu mulia yang berlalu pergi. Tak heran...


4 komentar

shafa

Jumat, 8 Des 2017

Mhn maaf, panjenengan kl bicara waliyullah jgn asal, suul adab nanti.
Foto yg slama ini dh bener. Itu dh dikonfirmasi sama waliyullah lain. Yg baru meninggal 2th lalu di daera cakung. Deket pt blue gas. Panjenengan bisa tanya sama bbrp santri disana. Tp ponpesnya dh diratain sama tanah sama pemerintah. Ponpes tashawuf rahmatusy syifa.

Balas

    shafa

    Jumat, 8 Des 2017

    Maaf ternyata memang banyak yg salah. Foto yg bener ada di gpogle tp yg posisi nengok ke kanan. Foto hitam putih

    Balas

annajah

Kamis, 28 Des 2017

ada bukti penguat lagi gak tentang keaslian foto syaikhona kholil yang ditemukan dalam meseum den hag ?

Balas

wahyu

Jumat, 23 Mar 2018

wah baru tahu saya

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

%d blogger menyukai ini: